Work inquiries

[email protected]
+62 811 921 2219

Social Media

Mobile friendly website adalah sebuah cara atau optimasi yang dikhususkan untuk membuat tampilan website menjadi lebih baik pada sebuah layar kecil seperti smartphone Android, iPhone, dan juga tablet berukuran sedang.

mobile-friendly-website

Untuk saat ini memang banyak seluruh orang di dunia ini sudah mulai mengenal internet dengan baik dan tentu saja paham menggunakannya melalui berbagai perangkat yang dimiliki. Mulai dari komputer & laptop, hingga smartphone semua orang sudah mengakses jaringan internet dengan perangkat tersebut.

Untuk Anda yang saat ini memiliki sebuah bisnis, usaha, atau jasa, tentu saja menggunakan jaringan internet untuk meningkatkan jangkauan pasar Anda bukan? Website yang tampil menarik di layar komputer atau laptop bukan berarti memiliki format yang baik juga untuk tampilan ponsel. Dan mungkin performanya juga tak sebaik dengan tampilan di laptop atau komputer.

Ketika website Anda tidak mobile friendly, maka imbasnya tentu saja cukup fatal, terlebih kebanyakan pengguna saat ini mengakses sebuah website melalui telepon genggamnya. Kini sudah banyak perusahaan yang melakukan perombakan pada website mereka agar dapat diakses dengan nyaman walaupun melalui perangkat mobile.

Dan tak sedikit juga yang masih belum menyadari terkait perubahan website menjadi mobile friendly ini adalah sebuah masalah yang cukup penting dan berpengaruh besar terhadap bisnis mereka.

Fakta Tentang Aktivitas Browsing Pengguna Internet

Dikutip melalui laman resmi Google - thinkwithgoogle.com, mereka melakukan riset terkait hasil pencarian mobile device oleh penggunanya. Tercatat 77% pengguna melakukan pencarian menggunakan ponsel mereka di rumah sendiri, dan 23% sisanya mengakses sebuah website ketika sedang bepergian.

Ini artinya adalah, walaupun pengguna sedang berada di dalam rumah, mereka tetap aktif menggunakan ponsel genggam mereka untuk mencari sesuatu di internet. Karena memang menurut pengguna, melakukan pencarian melalui mobile ini cenderung sangat cepat dan juga nyaman dibandingkan dengan menggunakan komputer atau laptop.

Untung mengetahui lebih lanjut tentang mobile friendly website ini, silakan Anda simak penjelasan lengkapnya berikut karena akan ada informasi dan juga pertimbangan utama tentang mobile friendly serta penerapannya untuk kesuksesan usaha Anda.

Seperti Apa Contoh Mobile Friendly Website?

Website yang mobile friendly perlu mengutamakan desain yang informatif, Anda sebagai pemilik website perlu memperhatikan tampilan website Anda mulai dari faktor gambar, teks, video dan juga link. Semua hal tersebut perlu diperhatikan dari sisi kemudahan akses pada setiap platform yang berbeda, terutama ketika diakses pada layar yang lebih kecil dari komputer seperti smartphone.

Sistem pembuatan website untuk komputer dan juga perangkat mobile tentu saja berbeda. Dimana untuk perangkat mobile, website perlu disesuaikan dengan ukuran layar yang lebih kecil dan juga format kontennya juga mobile friendly. Termasuk beberapa hal berikut ini :

  • Teks perlu lebih besar agar lebih mudah dibaca pada perangkat mobile
  • Navigasi menu yang ada pada website wajib mobile friendly
  • Setiap halaman dan juga tombol yang ada wajib ramah untuk digunakan pengguna
  • Proses download (jika ada) yang lebih cepat.

Ketika Anda ingin merancang website Anda agar mobile friendly di layar yang lebih kecil, maka Anda perlu mengenali perbedaan dasar antara layar ponsel dan juga layar desktop, yaitu :

  • Ruang yang cukup terbatas untuk mobile
  • Perhatian atau fokus pengguna perlu diperhatikan
  • Pengguna smartphone biasanya sudah memiliki sebuah tujuan ketika mengakses website, dan pasti mereka akan langsung mencari kata kunci dari informasi yang ingin mereka tuju.

Oleh karena itu, pedoman atau aturan tak tertulis bagi seorang desainer website untuk perangkat mobile adalah sederhana dan juga spesialisasi. Setiap website perlu diperhatikan isi informasi di dalamnya, pastikan cukup dan juga memiliki fungsi yang lebih sedikit. Sebut saja seperti ukuran tombol, link, teks dan gambar yang wajib diubah menjadi lebih fungsional ketika diakses melalui mobile.

Kenapa Website Mobile Friendly Sangat Penting Bagi Bisnis?

Tujuan membangun sebuah website bisnis tentu saja untuk mendapatkan trafik yang banyak agar usaha Anda dikenal banyak orang secara global. Dan apabila semakin banyak pengguna mengakses website bisnis Anda melalui perangkat mobile, maka Anda juga perlu memperhatikan pengguna Anda untuk mendapatkan pengalaman yang baik ketika mengakses berbagai halaman website Anda.

woman-browsing-from-mobile

Apabila website bisnis Anda membutuhkan waktu loading yang cukup lama, atau tidak mudah untuk diakses pada perangkat mobile, maka tentu saja pengguna akan pindah dan beralih menuju website pesaing Anda. Hal tersebut tidak ingin terjadi bukan?

Memiliki sebuah website yang dapat digunakan dan diakses dengan baik di berbagai platform terutama mobile memiliki keunggulan yang banyak, sebut saja seperti :

  • Meningkatkan visibilitas pencarian website Anda
  • Meningkatkan pengalaman pengguna yang baik
  • Menambahkan daftar prospek klien Anda
  • Meningkatkan identitas merek atau biasa disebut dengan branding.

Pada 21 April 2015 silam, Google sendiri mulai memberikan preferensi untuk proses optimalisasi website mobile melalui pencarian yang bersumber dari perangkat ponsel. Dan hasilnya, semakin banyak pengunjung website Anda mendapatkan pengalaman yang baik saat mengunjungi website. Maka akan semakin besar juga kesempatan Anda untuk mengkonversikan mereka ke dalam bisnis Anda.

Anda sendiri tidak akan bisa tahu dimana dan kapan pengunjung Anda tersebut membuka website bisnis Anda. Sehingga penggunaan mobile friendly ini memang sangat penting agar website Anda siap diakses melalui perangkat apa saja.

Aspek Pembuatan Website Mobile Friendly

Apabila saat ini website yang Anda miliki belum mobile friendly, maka tentu saja Anda membutuhkan segera pengembangan agar mampu mengubahnya menjadi lebih baik. Dan untuk mencapai hal tersebut tidak ada acara yang otomatis. Namun berbeda apabila website Anda sudah dirancang dengan baik dan sedemikian rupa sehingga proses selanjutnya cukup sederhana dan seperti Anda memperbarui template halaman saja.

Anda sendiri dapat mempertahankan desain dan juga konten yang sudah ada di website, ataupun bisa menggabungkannya dengan desain baru untuk pengguna yang mengaksesnya melalui perangkat mobile. Dua cara yang bisa Anda lakukan, yang pertama adalah Anda membuat dua desain berbeda antara website untuk tampilan desktop dan juga tampilan mobile. Dan cara kedua adalah dengan mengembangkan website Anda tersebut agar bisa diakses untuk berbagai macam ukuran layar.

Bagaimana Jika Website Tidak Mobile Friendly?

Google sendiri saat ini sangat menganjurkan semua website diubah menjadi sebuah halaman, tempat, ataupun wadah yang menyenangkan bagi pengguna. Mesin pencari sendiri akan fokus terhadap 3 jenis “minus” pada sebuah website yang tidak mobile friendly, yaitu :

  • Teks yang tidak dapat dibaca, atau gambar yang tidak bisa dilihat dengan jelas tanpa perlu di scrolling ataupun di zoom
  • Konten yang tak bersahabat
  • Tombol pada website yang tak berfungsi dan di klik dengan semestinya.

Jika desain  website tidak segera dioptimalkan menjadi mobile friendly, maka imbasnya akan dirasakan oleh pemilik website itu sendiri. Contohnya adalah penurunan trafik, penurunan ini dikarenakan pengguna yang tak nyaman akan tampilan website ketika diakses melalui smartphone. Dan hal tersebut menyebabkan pengguna akan kabur dan mampir ke website kompetitor.

Dan itu dia penjelasan singkat terkait mobile friendly website yang wajib Anda ketahui, terlebih untuk seseorang yang memiliki sebuah bisnis online yang mengandalkan website untuk media penjualan utamanya.

Baca juga : Mengetahui Google Update 2021 - Page Experience Update

You might also like

February 5, 2021

Web Design

Mengenal Apa Itu Page Experience

Work Inquiries
Interested in working with us?
[email protected]
+62 811 921 2219
Services
Search Engine Optimization (SEO)
Search Engine Marketing (SEM)
Web Design and Development
Study Case
Social Media
© 2020 Grow&Bless
Jakarta Digital Marketing Agency.