Search

4 alasan Harus Bisnis Online - Join Euforianya atau Ketinggalan

New normal, new way of doing business. 4 alasan penting kenapa harus ikut euforianya atau bersiap ketinggalan.

Bisnis Online bukanlah hal baru dalam era teknologi digital dewasa ini. Keterbukaan dan kemudahan akses komunikasi digital secara global memungkinkan pelaku bisnis dan klien maupun pelanggan untuk dapat berinteraksi secara real-time, yang pada gilirannya meningkatkan arus transaksi perdagangan secara dramatis.

Namun hal ini tidak serta merta membuat semua pelaku bisnis "berani" untuk terjun ke dalam dunia pemasaran digital. Apakah Anda termasuk salah satunya? Hal ini wajar, terutama bagi para entrepreneur nusantara, di mana sebagian besar masih mengandalkan teknik strategi operasional dan pemasaran secara luring (offline business). Terlebih di kala pandemi seperti saat ini, di mana kepanikan menyerang semua kalangan, mulai dari konsumen, produsen, maupun pelaku bisnis.


Namun sejatinya, justru pandemi yang tengah kita hadapi sekarang bisa menjadi peluang tersendiri bagi entrepreneur di seluruh dunia, untuk menggerakan diri menuju perubahan ke arah digital - ya, Bisnis Online. Pivot semacam ini perlu dijadikan pertimbangan bukan semata-mata untuk tujuan jangka pendek, melainkan untuk keberlangsungan bisnis jangka menengah dan panjang.

Pertanyaan yang muncul selanjutnya adalah, seberapa peluang "bisnis jangka panjang" yang dimaksud? Sebijak apa landasan pemikiran untuk pivot dari bisnis luring ke pemasaran daring? Bukankah masa-masa seperti ini adalah masa penuh ketidakpastian?


baca juga : 3 Langkah Solusi Dinamis menghadapi Market yang cenderung statis

Perlu diakui bahwa pertanyaan-pertanyaan tersebut di atas bukanlah pertanyaan trivial. Pengamatan terhadap situasi keuangan bisnis terkini dan ramalan bisnis (business forecast) ke depannya perlu dijadikan pijakan sebelum melangkah.

Di artikel kali ini, Grow and Bless akan coba menguraikan tidak hanya sekedar apa saja manfaat bisnis pemasaran online, namun juga akan menyajikan fakta dan data di lapangan yang bisa dijadikan bahan pertimbangan sebagai bagian dari Bisnis New Normal.



1. Pertumbuhan dompet elektronik secara masif di Indonesia


Tren pembayaran digital di Indonesia dewasa ini bisa dibilang menjadi cara pembayaran new normal, kendati tidak terpaku pada acuan istilahnya yang seringkali dikaitkan dengan adaptasi sistem kehidupan bermasyarakat baru di tengah pandemi COVID-19.

Berdasarkan data dari APJJI, Indonesia termasuk dalam salah satu negara pengguna internet terbesar di dunia dengan total user sebesar 64,8% dari jumlah penduduk [sensus 171 juta jiwa].


Yang artinya, lebih dari 110 juta penduduk Indonesia aktif menggunakan internet dalam kesehariannya. Angka ini terus merangkak naik dari tahun 2018, dan diramalkan akan tumbuh secara berkesinambungan sampai 2025, menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara dengan perkembangan ekonomi digital tercepat dan terbesar se-Asia Tenggara.

Angka ini mendorong pertumbuhan dompet digital yang sangat masif. Tercatat ada 41 dompet digital yang sudah terdaftar resmi dan aktif di Indonesia per Januari 2020.

Kombinasi kedua data di atas menunjukkan tren transaksi digital yang merupakan cara pembayaran new normal di Indonesia.


2. Belanja Online telah, dan akan menjadi gaya hidup


Terkait dengan penjabaran pada poin pertama di atas, online shopping trend (tren belanja daring) telah menunjukkan angka pertumbuhan positifnya di Indonesia sejak 2018 lalu. Terlebih di masa pandemi seperti saat ini, di mana kegiatan belanja pada hampir setiap kategori barang terjadi secara online.

Lebih lanjut lagi, hasil survei terkini menunjukkan 40% responden menyatakan bahwa mereka akan melanjutkan kegiatan online shopping (belanja daring) meskipun pandemi COVID-19 telah berakhir nantinya.

Peluang inilah yang bisa Anda jadikan pijakan untuk segera terjun ke dunia pemasaran digital. Sebab semakin lama Anda menunggu, semakin besar tantangan persaingan yang akan Anda hadapi. Karena merujuk pada data TrustRadius, lonjakan pelaku bisnis yang menggunakan eCommerce software terlihat jelas semenjak merebaknya pandemi COVID-19 pada pertengahan Maret sampai Mei 2020.


3. Transaksi Online bergeser ke arah pencarian nilai (value seeking)


Salah satu alasan mengapa menggunakan website profesional pada usaha pemasaran digital bisnis online Anda adalah ketersediaan ruang visual untuk tampilan produk/jasa.

Hal ini tidak semata-mata untuk memperindah tampilan website Anda saja. Lebih dari itu, kelengkapan tampilan visual dan detail memudahkan calon pelanggan/klien untuk menilik value (nilai) pada setiap produk dan/atau jasa Anda.


Data terbaru menunjukkan bahwa pola perilaku belanja daring tidak lagi mengedepankan kenyamanan, tujuan, maupun kualitas, melainkan value (nilai) dan availability (ketersediaan).


Artinya, semakin lengkap tampilan value pada website bisnis Anda, semakin besar pula peluang Anda untuk mengonversi kunjungan website menjadi transaksi.

Dengan dukungan dari Grow and Bless pada pembuatan serta perawatan website profesional Anda, bisnis Anda akan memiliki peluang untuk menciptakan nilai yang mengungguli pesaing di setiap produk/jasa yang Anda miliki.




4. Siklus umpan balik instan


Jika Anda menilik kegiatan pemasaran luring Anda–entah itu iklan di surat kabar, baliho, spanduk, dll.–selama ini, seberapa cepat Anda dapat mengukur tingkat keberhasilannya? Di mana keunggulan dan kelemahan interaksi Anda dengan calon pelanggan melalui komunikasi media cetak tersebut?


Jika jawabannya lebih dari 1 hari, maka besar kemungkinan Anda kehilangan momentum pengukuran data yang akurat. Dengan pembuatan dan perawatan website bisnis di bawah dukungan Grow and Bless, Anda tak perlu lagi kehilangan momentum krusial ini.

Apa pentingnya instant feedback cycle (siklus umpan balik instan) bagi bisnis Anda? Secara sederhana, akurasi data dari siklus umpan balik yang terlalu lama akan menghambat kemampuan Anda untuk mengeksekusi rencana bisnis online yang tepat.

Berdasarkan data global yang berhasil kami himpun,

  • 67% perusahaan menggunakan lead generation sebagai metrik tunggal untuk menentukan tingkat kesuksesan konten. (SEMrush, 2019)

  • 75% marketer merujuk pada data laporan internal mereka untuk mengetahui dampak langsung dari program pemasaran terhadap angka pendapatan perusahaan. (HubSpot, 2020)

  • Kesimpulannya, akurasi, kecepatan, dan transparansi data yang dapat diunduh sewaktu-waktu pada website bisnis profesional membantu Anda untuk:

  • Mengambil keputusan bisnis intelektual secara cepat

  • Mempelajari umpan balik berikutnya

  • Memperbaiki program pemasaran dan mengeksekusi rencana bisnis ke depan secara lebih terarah dan terukur

Dari keempat data, fakta, dan manfaat website profesional di atas, sudah siapkah Anda terhubung dengan Grow and Bless untuk segera mengeksekusinya?



Recent Posts

See All
Google Certification.png
hubspot content marketing certified

Address

Citra Garden 2 Extension Blok BJ 3 No.8

Pegadungan, Kalideres, Jakarta Barat, DKI Jakarta

Phone

+62 811 921 2219 

Email

hello@growandbless.com

  • whatsapp
  • LinkedIn
  • Facebook
  • Instagram

© 2020 Grow & Bless