Search

5 Alasan Kenapa Bisnis Anda Butuh Website Profesional

Dunia persaingan bisnis telah berubah, begitu pula dengan bisnis Anda!

Bukan rahasia lagi jika bisnis dewasa ini banyak yang telah menggunakan professional website (situs web profesional). Mulai dari bisnis berskala internasional sampai pengrajin rumahan.


Grow and Bless telah membantu beberapa di antara para pebisnis tersebut dalam membangun dan mengelola website mereka. Hal ini demi pengembangan dan monitor kemajuan pemasaran daring mereka di tengah persaingan global.

Namun tidak sedikit pula bisnis yang nyaman berkutat di pemasaran luring (offline marketing), dan belum terjun ke dunia pemasaran digital karena satu dan lain hal.


Salah satu alasannya adalah karena mereka mungkin belum memahami peranan website dalam strategi pemasaran. Alasan lain adalah mungkin mereka sudah mengerti namun tidak menganggap strategi pemasaran daring sebagai sesuatu yang krusial, atau perlu diperhatikan secara serius.

Lalu bagaimana dengan bisnis Anda? Seberapa penting Anda memandang peranan website sebagai sarana kemajuan dan perkembangan bisnis Anda ke depannya?

Tanpa menunda lagi, silakan cek kelima alasan di bawah ini untuk memastikan apakah bisnis Anda membutuhkan website profesional atau tidak.


1. Tampilan daring (online presence) profesional & kredibel


Mau tidak mau, suka tidak suka, kita tengah menghadapi apa yang disebut dengan tantangan digitalisasi. Semua orang berlomba-lomba untuk memperoleh reputasi, khususnya reputasi dan kredibilitas daring (online).

Bagaimana cara mendapat kredibilitas pada bisnis/perusahaan Anda di mata dunia? Satu-satunya cara adalah dengan menampilkan bisnis Anda secara proporsional dan profesional.


Dengan berinvestasi pada presensi website profesional, calon pelanggan maupun klien Anda akan melihat bahwa Anda benar-benar serius dalam berbisnis.

Lebih jauh lagi, ketika Anda menunda–atau bahkan membatalkan–keputusan untuk memiliki website profesional sebagai representasi bisnis Anda, maka secara statistik, Anda semakin jauh meninggalkan peluang-peluang berikut:

  • 49% pengguna internet yang menemukan produk dan jasa baru via penelusuran Google. (Think with Google, 2019)

  • 59% voting konsumen yang disurvei menyatakan pentingnya akses untuk dapat berbelanja pada perangkat seluler ketika sedang mencari merek yang tepat. (Think with Google, 2019)

  • 60% pengguna ponsel pintar menghubungi toko daring secara langsung melalui tombol yang tersedia pada website mereka. (Think with Google, 2019)

  • 46% voting konsumen yang disurvei memastikan ketersediaan barang pada toko yang mereka inginkan secara daring sebelum akhirnya berangkat menuju toko tersebut. (Think with Google, 2019)


2. Bisnis Anda mendapat pengakuan sosial


Masih terkait dengan poin no. 1 di atas tentang kredibilitas, pernahkah Anda melihat sebuah brand atau merek yang kredibel tanpa pengakuan dari siapapun? Izinkan kami menjawab. Jawabannya adalah: tidak ada.

Mengapa? Penjelasannya cukup sederhana.

Pengakuan sosial (social proof) adalah hal mutlak yang Anda butuhkan untuk menegaskan posisi kredibilitas bisnis Anda di hadapan calon pembeli.


Mari kita mundur sejenak dan memperhatikan sebuah slogan yang sangat lazim kita baca di dinding warung atau rumah makan, yang kurang lebih berbunyi, "Jika tidak enak, beritahu kami. Jika enak, beritahu teman dan keluarga Anda". Ya, pengakuan publik! Itulah yang diinginkan oleh para pelaku usaha, yang kami yakin juga adalah hal yang Anda inginkan untuk mencapai popularitas dan keberlangsungan bisnis.

Hal ini sangat wajar, karena tidak semua orang merasa nyaman untuk menjadi yang pertama membeli produk atau jasa Anda. Oleh sebab itu, sebagian besar kecenderungan perilaku pelanggan sangat bergantung pada komentar pelanggan/pembeli sebelum mereka.

Strategi word of mouth yang diterapkan pada contoh slogan warung di atas bisa saja Anda pakai untuk mendapatkan social proof atau pengakuan sosial, meskipun dampaknya sangat-sangat terbatas. Tidak semua orang memiliki koneksi dengan semua orang.


Anda pun tidak dapat mengukur sejauh mana strategi word of mouth ini membantu keberlangsungan bisnis Anda.

Dengan kata lain, transparansi data menjadi penghalang terbesar di sini.

Satu-satunya cara untuk mengintegrasikan, mempublikasikan, dan mengukur tingkat pengakuan sosial terhadap brand Anda adalah dengan menampilkannya pada website Anda.


Di sinilah Grow and Bless mampu menghadirkan transparansi data secara visual yang bisa Anda ukur. Bukankah pada dasarnya kita adalah makhluk visual?


3. Bisnis Anda tetap buka 24/7


Hal ini merupakan pembeda yang cukup signifikan antara bisnis yang hanya mengandalkan siklus luring dan daring pada operasional dan strategi pemasarannya.



Dengan siklus luring tradisional, bisnis Anda memiliki jam operasional tertentu, yang di mana pada banyak kasus, setidaknya 8 jam per hari "terkorbankan" pada peluang untuk berinteraksi dengan para pelanggan.

Lain halnya dengan interaksi daring bisnis Anda dengan pelanggan melalui website. Siapapun dapat mengakses website bisnis Anda 24 jam sehari, 7 hari seminggu, 365 hari setahun, tanpa henti.


Hal ini tentu memberi dampak positif pada keberlangsungan brand Anda untuk senantiasa terhubung dengan banyak orang, meningkatkan brand awareness (kesadaran merek) publik, yang pada gilirannya meningkatkan penjualan Anda secara drastis dari waktu ke waktu.

Idealnya, seorang pemilik usaha hanya harus berfokus pada keputusan-keputusan spesifik yang krusial saja. Jadi dengan menyerahkan representasi bisnis pada presensi daring website Anda, Anda dapat mengerahkan pemikiran dan usaha untuk hal-hal lain, yang mana jauh lebih krusial demi keberlangsungan bisnis Anda ke depannya.


4. Bisnis Anda dapat ditemui di Google Maps


Anda memiliki toko fisik yang ingin menargetkan pembeli di sekitar Anda pada radius tertentu? Lebih jauh lagi, apakah Anda memiliki cabang usaha di tempat atau kota lain? Bagus!

Presensi daring pada website Anda memungkinkan calon pelanggan untuk dapat menemukan toko/kios/warung/butik Anda dengan mudah melalui Google Maps.


Integrasi ini selain dapat memudahkan Anda menarik perhatian lebih banyak calon pelanggan, juga memungkinkan Anda untuk meraih popularitas lokal secara tepat, cepat, dan terukur.




5. Fokus pada ROI pemasaran


Dalam kaitannya dengan keempat poin di atas, salah satu manfaat terbesar dari presensi website profesional sebagai representasi dari bisnis Anda adalah kemampuan untuk mengukur ROI (Return On Investment) pada usaha pemasaran Anda.

Semua data yang tercatat secara otomatis pada website profesional Anda dapat Anda unduh sewaktu-waktu. Hal ini memungkinkan Anda untuk melakukan evaluasi terarah dan terukur sesegera mungkin.


Dengan demikian, tidak ada lagi promosi yang sia-sia. Tidak ada lagi tampilan visual yang kurang berguna. Anda pemilik website bisnis, Anda pula yang menjadi nahkoda bahtera bisnis Anda!

Demikianlah ulasan singkat mengenai pentingnya kepemilikan website profesional untuk merepresentasikan bisnis Anda.

Ada pertanyaan? Hubungi tim Grow and Bless sekarang juga. Keberlangsungan bisnis Anda adalah prioritas utama kami.

Address

Citra Garden 2 Extension Blok BJ 3 No.8

Pegadungan, Kalideres, Jakarta Barat, DKI Jakarta

Phone

+62 811 826825

Email

hello@growandbless.com

  • whatsapp
  • LinkedIn
  • Facebook
  • Instagram

© 2020 Grow & Bless