Search

6 Teknik SEO Website yang perlu diketahui

Memperoleh peringkat tertinggi pada hasil pencarian Google merupakan salah satu tujuan pemilik website maupun blog. Semakin tinggi peringkatnya, maka semakin banyak pula traffic website yang akan diperoleh.

SE

Tujuan ini tidak bisa dicapai hanya dengan mengunggah berbagai konten tanpa dioptimasi. Sebab, halaman website tersebut tidak akan dapat meraih peringkat tertinggi secara ajaib. Diperlukan teknik SEO website yang tepat, supaya blog maupun website Anda dapat naik ke peringkat tertinggi di Google. Berikut beberapa teknik SEO ampuh yang perlu Anda ketahui


baca juga : 5 alasan kenapa bisnis anda butuh Website Profesional


1. Optimasi Tittle dan Deskripsi Website


Optimasi Tittle dan Deskripsi Website adalah hal yang penting sebagai bagian dari SEO website. Bagian ini cukup sering dilupakan oleh banyak developer website. Kesalahan yang sering terjadi juga adalah mereka melakukan keywords stuffing di Tittle dan Deskripsi. Hal ini tentu saja justru akan berdampak buruk karena Google tidak menyukai teknik seperti ini lagi.




2. Riset keyword


Sebuah kesalahan besar jika Anda membuat konten tanpa melakukan riset keyword terlebih dahulu. Riset ini bertujuan untuk membantu menemukan berbagai keyword yang memang relevan dengan pembaca. Terdapat lima indikator riset keyword yang perlu Anda ketahui, yakni tingkat kesulitan keyword, volume pencarian, saran kata kunci, search internet serta serp.


Volume pencarian merupakan seberapa banyak pencarian sebuah keyword atau kata kunci dalam kurun waktu tertentu. Tingkat kesulitan keyword menunjukan seberapa sulitnya sebuah kata kunci untuk dapat berada di peringkat atau halaman pertama hasil pencarian.


Selanjutnya, ada saran kata kunci yakni berkaitan dengan keyword yang Anda riset. Sedangkan, untuk serp yakni menunjukan 10 besar peringkat teratas di hasil pencarian dari kata kunci atau keyword yang Anda riset tersebut. Lalu, ada search intent, yakni maksud yang diinginkan pencari dalam sebuah kata kunci. Google akan mengutamakan interpretasi yang memang sesuai dengan keinginan para pencari.


Untuk Meriset Keywords anda dapat menggunakan berbagai tools seperti Google Keyword Planner yang gratis atau berbayar seperti Semrush. (Link berikut adalah link afiliasi kami untuk mendapatkan free trial 7 hari untuk mencoba menggunakan tools ini)


3. Targetkan long tail keyword


Ada dua jenis keyword yang digolongkan ke dalam jumlah katanya, yakni short tail keyword serta long tail keyword. Short tail keyword merupakan sebuah kata kunci yang terdiri dari satu kata atau dua kata, misalnya “membuat website”


Sedangkan, untuk long tail keyword merupakan jenis kata kunci yang terdiri dari minimal tiga kata atau lebih. Misalnya “cara membuat masker alami”. Long tail keyword dinilai lebih efektif dibandingkan dengan jenis yang satunya lagi untuk mendatangkan trafik. Bahkan, menurut neil patel, jenis keyword yang panjang tersebut dapat mendatangkan trafik yang lebih tinggi, bahkan hingga 70 persen.


4. Buat konten yang lengkap dan menarik


Ketika seseorang mencari sebuah kata kunci pada search engine, tentu mereka ingin jawaban yang lengkap sehingga persoalan yang mereka tanyakan dapat lebih terjawab secara jelas. Dalam hal ini, Google pun memahami kebutuhan pengguna. Oleh sebab itu, konten yang lebih lengkap dapat menduduki posisi yang lebih tinggi dalam hasil pencarian.


Anda dapat menambahkan infografik, gambar ilustrasi, atau bisa juga menyisipkan video guna melengkapi artikel yang telah dibuat. Media visual dapat membantu pembaca untuk lebih memahami isi dari konten atau artikel dengan lebih mudah. Jika pengguna puas akan konten tersebut, pengguna bahkan bisa membagikan artikel yang Anda buat di berbagai media sosial.



5. Optimasi gambar


Menambahkan gambar ke dalam blog atau website merupakan sebuah langkah baik guna pengunjung tidak merasa bosan karena terlalu banyak teks yang ditampilkan. Selain itu, kehadiran gambar juga bisa membantu pengunjung untuk lebih memahami apa yang coba Anda sampaikan lewat tulisan. Namun, Anda bukan hanya perlu memasang gambar secara sembarangan, Anda juga perlu mengoptimasinya supaya loading website tidak menjadi terhambat.


6. Memaksimalkan internal link


Selain external link atau backlink, internal link pun memiliki peran penting untuk optimasi SEO website. Internal link sendiri merupakan link yang berasal dari satu halaman ke halaman lainnya dalam sebuah website yang sama.


Internal link ini dapat membantu mesin pencari untuk lebih memahami hubungan serta konteks antara halaman yang berada di website. Google akan lebih mengutamakan website yang kontennya saling terhubung sekaligus dapat menunjukan hubungan konten tersebut dalam sebuah internal link.


Secara tidak langsung, internal link pun dapat membantu meningkatkan waktu pengunjung untuk tetap berada dalam blog atau website Anda. Dengan adanya internal link tersebut, maka pengunjung dapat jauh lebih mudah untuk meng klik halaman lain untuk membaca artikel lain yang masih berhubungan dengan artikel utama yang ia cari.


Anda juga perlu ingat bahwa semakin banyak internal link yang di klik oleh pengunjung, semakin banyak pula halaman yang mereka jelajahi.


baca juga: mengenal Website Design dan Faktor yang mempengaruhinya

Recent Posts

See All
Google Certification.png
hubspot content marketing certified

Address

Citra Garden 2 Extension Blok BJ 3 No.8

Pegadungan, Kalideres, Jakarta Barat, DKI Jakarta

Phone

+62 811 921 2219 

Email

hello@growandbless.com

  • whatsapp
  • LinkedIn
  • Facebook
  • Instagram

© 2020 Grow & Bless