Search

Teknik SEO Instagram yang Perlu Anda Tahu, Cocok Untuk Bisnis

Instagram merupakan sebuah platform yang sering digunakan sebagai media pemasaran. Faktanya, instagram secara resmi telah menjangkau lebih dari satu miliar pengguna aktif. Ada banyak orang menunggu sebuah konten yang diunggah dalam instagram tersebut. Lantas, bagaimana menciptakan sebuah peluang supaya pengguna platform tersebut supaya terlibat dengan merek yang Anda miliki. Jawabannya adalah dengan SEO Instagram.


baca juga : 6 Teknik SEO website yang perlu diketahui


Lantas, apakah mungkin SEO diterapkan dalam instagram? Jawabannya adalah memungkinkan. Anda hanya perlu mengaplikasikan apa yang Anda pahami mengenai SEO pada akun instagram Anda. Berikut 8 teknik SEO Instagram yang perlu Anda ketahui.

  1. Optimalkan Profil Instagram anda

  2. Sertakan kata kunci utama dalam nama tampilan dan @username

  3. Gunakan kata kunci sekunder di bio

  4. Hashtag mengandung keyword

  5. Caption Gambar mengandung keyword kedua

  6. Manfaatkan alt teks instagram

  7. Lakukan analisis

  8. Main Aman


1. Optimalkan profil instagram Anda.


Langkah pertama yang harus Anda ambil untuk meningkatkan jangkauan instagram adalah mengoptimalkan profil instagram. Berikut beberapa trik untuk mengoptimalkan profil instagram:

  • Jadikan akun sebagai akun publik

  • Pilih gambar profil yang menarik perhatian, gunakan padu padan warna yang menarik

  • Buat @username yang mudah dikenali dan dicari

  • Buat nama bisnis yang mudah dicari

  • Daftarkan akun sebagai instagram business

  • Sertakan tautan yang dapat dilacak di bio

Langkah-langkah ini mungkin tampak sepele, namun, menerapkan hal dasar adalah hal yang penting. Setelah Anda membahas dasar-dasarnya, Anda dapat melanjutkan ke langkah-langkah pengoptimalan yang lebih teknis.


2. Sertakan kata kunci utama Anda dalam nama tampilan dan @username


Instagram merupakan sebuah mesin pencari mandiri. Untuk memperoleh hasil pencarian teratas, Anda perlu bekerja secara mandiri untuk mendapatkannya. Langkah pertama adalah tentukan kata kunci utama terlebih dahulu.


Misalnya, keyword yang Anda targetkan adalah toko roti. Saat pengguna instagram sedang mencari jenis kue tertentu, mereka umumnya akan mencarinya dengan keyword toko roti. Jika Anda memiliki kata kunci tersebut di nama tampilan dan @username, maka kemungkinan akun Anda akan muncul pada hasil pencarian untuk akun yang disarankan.


Penting untuk menempatkan kata kunci utama di kedua tempat tersebut untuk meningkatkan peluang Anda diambil oleh algoritma.


3. Gunakan kata kunci sekunder di bio


Setelah kata kunci utama, sekarang saatnya untuk mendapatkan hasil maksimal dari kata kunci sekunder. Kata kunci sekunder adalah frase dan topik yang mengorbit kata kunci utama.

Jika kata kunci utama adalah 'toko roti', kata kunci sekunder mungkin berupa 'kue mangkok', 'kue pengantin', 'kue panggang', dll.


Kata kunci sekunder sangat cocok untuk menangkap orang yang mungkin tidak menelusuri kata kunci utama tetapi mungkin masih tertarik dengan produk Anda.


4. Hastag mengandung keyword


Anda perlu memperhatikan penggunaan hastag setelah halaman profil setelah dioptimasi. Penyebabnya adalah, banyak pengguna memilih menggunakan hastag untuk menemukan sesuatu. Pastikan untuk menggunakan hastag yang mengandung kata kunci.


5. Captions gambar menggunakan keyword kedua


Untuk membuat instagram menjadi lebih optimal, maka pastikan untuk menyertakan kata kunci pada setiap bagiannya. Buatlah caption dengan menarik, unik, bahasa yang ringan. Dengan begitu, lebih mudah untuk menarik calon follower baru dan membuat follower lama tetap mengikuti akun Anda.


6. Manfaatkan alt teks instagram


Sebelum Anda share photo, Anda dapat menemukan menu “ advanced settings” pilih menu tersebut untuk menemukan alt teks. Dengan begitu, Anda bisa mendeskripsikan gambar secara manual sesuai dengan kebutuhan Anda. Dengan begitu, post ranking Anda dapat lebih naik.


7. Lakukan analisis


Langkah selanjutnya adalah dengan melakukan analisis. Instagram sebenarnya memiliki tools analisis, nama data yang ditampilkan hanya dalam rentang waktu tertentu saja. Tools ini berguna untuk mengetahui bagaimana perkembangan atau hasil yang Anda peroleh setelah menerapkan teknik SEO pada instagram Anda. Dengan melakukan analisis, Anda juga bisa mengetahui dimana letak kekurangan dan bagian mana yang perlu Anda optimasi lebih dalam.


8. Main aman


Hal penting selanjutnya yang perlu Anda ketahui adalah teruslah “bermain aman”. Pastikan untuk tidak melanggar aturan ketika hendak melakukan SEO Instagram. Pastikan untuk tidak mencuri konten, tidak menggunakan bot, tidak membeli follower, serta jangan follow banyak akun dalam kurun waktu yang singkat.


Sama halnya dengan black hat SEO atau cara optimalisasi yang curang guna memperoleh rangking yang lebih tinggi dalam suatu website, instagram pun memiliki aturannya sendiri. Dalam instagram, tindakan tersebut dikenal dengan shadowman. Jika sampai terdeteksi, maka pihak platform tersebut akan memberikan tindakan tegas jika sampai pengguna melakukan pelanggaran berulang kali.


Baca juga : 4 Alasan harus Bisnis Online - Join Euforianya atau ketinggalan.

Google Certification.png
hubspot content marketing certified

Address

Citra Garden 2 Extension Blok BJ 3 No.8

Pegadungan, Kalideres, Jakarta Barat, DKI Jakarta

Phone

+62 811 921 2219 

Email

hello@growandbless.com

  • whatsapp
  • LinkedIn
  • Facebook
  • Instagram

© 2020 Grow & Bless