Search

New Normal: Saatnya Bisnis Lokal Berjiwa Internasional

Jadilah yang bertahan, jadilah yang paling relevan. New Normal bukan berarti bisnis harus berhenti, tetapi saatnya berjiwa Internasional.

Seperti yang kita lihat dan rasakan saat ini, salah satu efek domino dari kehadiran pandemi COVID-19 adalah penurunan laju roda perekonomian di (hampir) semua lini. Termasuk salah satu diantaranya yang terkena dampak terbesar adalah bisnis retail dengan brand lokal–baik waralaba maupun non-waralaba–beserta seluruh bisnis pendukung retail lainnya.

Hal ini berarti sebagai seorang entrepreneur, Anda dituntut untuk segera beradaptasi untuk dapat bertahan dalam persaingan.

Dan di saat tatanan sosial perlahan mengarah ke penerapan new normal, bisnis Anda pun harus melihat peluang yang sama. Peluang untuk menerapkan new normal dalam bisnis, baik dalam kaitannya dengan operasional maupun pemasaran.




Pada artikel kali ini, Grow and Bless akan coba merangkum 3 hal paling krusial yang bisnis Anda butuhkan untuk dapat memasuki era new normal dan terus berevolusi setelahnya.


Karena mau bagaimanapun, terlepas dari adanya pandemi COVID-19 atau tidak, toh bisnis Anda juga harus berevolusi. Anda harus keluar dari zona nyaman yang ada dari waktu ke waktu untuk dapat masuk atau bahkan menciptakan level bisnis yang lebih unggul.


1. Bisnis Anda harus ‘terlihat’ baik secara offline maupun online


Pandemi yang melanda memaksa sebagian besar orang membatasi diri dari aktivitas luring (offline) dan mengonversi sebagian besar kegiatan tersebut menjadi aktivitas daring (online) di rumah. Termasuk salah satunya adalah kegiatan belanja.

Internet menjadi 'pasar' perniagaan terkuat, jauh melampaui traffic-nya di masa lampau. Hal ini mendorong pertumbuhan e-commerce secara masif dalam waktu yang relatif singkat.

Memasuki tatanan new normal baik dalam kaitannya dengan kehidupan sosial maupun bisnis, artinya kita memasuki periode hybrid antara aktivitas online dan offline. Meskipun pada sebuah penelitian, 40% responden survei menyatakan bahwa mereka telah nyaman dengan transaksi online shopping, dan akan tetap melakukannya bahkan setelah pandemi berakhir.

Lalu apa artinya fenomena ini bagi keberlangsungan bisnis Anda?


Kata kuncinya di sini adalah hybrid. Dengan adanya fase new normal ini, bisnis Anda harus bisa ditemukan oleh calon pelanggan sewaktu-waktu, baik secara fisik pada pencarian offline, maupun secara online melalui presensi Anda di internet.


Hal ini menjadi sangat penting karena dengan mengedepankan kehadiran bisnis Anda secara daring, orang dapat mengenali brand, filosofi, lokasi, dan value dari produk/jasa yang Anda tawarkan.

Sampai di sini mungkin Anda bertanya-tanya, mengapa bentuk pemasaran digital ini harus menjadi bagian dari fokus bisnis Anda? Bukankah memiliki lokasi fisik saja sudah cukup untuk menghadirkan brand Anda di tengah masyarakat?

Sekilas mungkin terdengar benar. Namun faktanya di lapangan, 97% calon pelanggan potensial memilih untuk mempelajari seluk-beluk bisnis lokal secara online. Mereka yang berencana melakukan pembelian pun memperhatikan ulasan dari pembeli sebelumnya sebagai proses justifikasi mereka terhadap kualitas produk/jasa yang ditawarkan.


Setidaknya, hasil dari sebuah survei independen menunjukkan bahwa orang baru dapat menaruh kepercayaan terhadap sebuah bisnis setelah membaca 10 ulasan terbaru.

Hasil survei lain menunjukkan bahwa untuk setiap transaksi yang terjadi, calon konsumen rata-rata meluangkan waktu 13 menit 45 detik untuk membaca ulasan produk/jasa tersebut dari pembeli sebelumnya.

Di sinilah peran social proof pada presensi daring Anda–website, aplikasi seluler, media sosial–sangat berarti bagi peningkatan penjualan secara signifikan.


baca juga: 5 alasan kenapa bisnis anda perlu tampilan website profesional


2. Ketahui & imbangi perubahan ekspektasi pelanggan


Terkait dengan pentingnya social proof pada brand bisnis yang Anda miliki, fokus pada ekspektasi pelanggan adalah kunci. Hal ini berarti terjun ke dunia pemasaran digital saja tidaklah cukup. Itu baru permulaan untuk mengenal calon pelanggan Anda lebih dekat, intens, dan terukur.

Dengan hadirnya bisnis Anda dalam dunia digital, Anda dapat memanfaatkan interaksi Anda dengan pelanggan untuk mengetahui ekspektasi dan masalah mereka. Pada gilirannya, ini memberi Anda kesempatan untuk menawarkan solusi dari masalah yang mereka hadapi. Interaksi ini akan juga berguna bagi Anda untuk segera bertemu di titik yang sama dengan tingkat ekspektasi yang mereka miliki terhadap produk/jasa yang mereka inginkan.



Interaksi antara Anda dan calon pelanggan bisa terjadi secara langsung seperti percakapan di halaman website Anda atau obrolan di akun sosial media Anda.

Selain itu, 'interaksi' juga bisa terjadi secara tidak langsung melalui pembelajaran data yang Anda dapat dari website Anda. Mulai dari banyaknya traffic kunjungan, bounce rate, durasi kunjungan per laman, geografi pengunjung, dan data-data terkait lainnya.

Contoh jangka pendek adalah kecenderungan pelanggan untuk mencari produk/jasa dengan value tertinggi. Dari sini Anda bisa mulai dengan cepat mengajukan pertanyaan pada diri sendiri seperti:

  • Apa saja nilai lebih yang bisa Anda tawarkan? Mungkin harga sama dengan fitur tambahan, harga sama dengan kuantitas tambahan, kuantitas dan fitur sama dengan harga diskon, atau value lain yang membuat produk/jasa Anda stand out di pasaran?

  • Apakah Anda sudah menampilkan value unggulan Anda secara gamblang dan mudah diakses?

  • Bagaimana harapan Anda atas tanggapan calon pelanggan terhadap value yang Anda tawarkan? Apakah pembelian dalam jumlah besar, peningkatan kunjungan ke toko/gerai fisik Anda, kemauan untuk mempromosikan bisnis Anda dengan imbalan reward, atau hal lain?

  • Apakah calon pelanggan Anda merespon penawaran value Anda sesuai harapan? Kalau ya, mengapa? Kalau tidak, mengapa?

Dengan begitu, bisnis Anda dapat senantiasa mengimbangi ekspektasi calon pelanggan.


3. Ketahui & imbangi perubahan ekspektasi industri


Digitalisasi adalah tren bisnis terkini, suka tidak suka, mau tidak mau, itulah fakta yang ada di lapangan. Dalam dunia bisnis, digitalisasi bukanlah semata-mata melek internet, membuat website, lalu menunggu keajaiban datang. Tidak. Sama sekali tidak.

Keuntungan dari siklus pola bisnis digital adalah kemampuan untuk mengumpulkan data pelanggan dalam jumlah besar untuk mendapatkan momentum.


Dengan pengalaman dan pembelajaran yang Anda miliki, bisnis dan brand Anda diharapkan mampu untuk menarik perhatian pelanggan lebih awal. Interaksi menghasilkan data, kemudian data digunakan untuk belajar lebih banyak dan lebih cepat tentang apa yang sebenarnya diinginkan pelanggan. Informasi dari siklus data yang ada ini sangat berguna untuk mengidentifikasi ancaman serta meramal kemajuan bisnis di masa mendatang.


Dalam kaitannya dengan perubahan dan perkembangan ekspektasi industri, Anda pastinya bukan satu-satunya pebisnis dalam industri yang Anda geluti. Anda punya pesaing, punya mitra, dan beberapa pelaku bisnis lain yang menjadi komplemen bagi bisnis yang Anda jalani.

Ada kalanya Anda tidak bisa menjadi yang pertama dalam beradaptasi pada perubahan iklim dan ekspektasi ekonomi di industri Anda. Tetapi dengan terjun ke dunia bisnis digital, Anda berkesempatan untuk menjadi entitas bisnis yang tetap relevan pada industri Anda dari waktu ke waktu.

Kesimpulan ide


Terjun ke dunia digital adalah langkah untuk beradaptasi pada fase new normal bisnis. Hal ini menguntungkan bagi bisnis Anda baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Sebagai bagian dari evolusi bisnis, terjun ke dunia digital mungkin terasa seperti keluar dari zona nyaman. Namun hal ini sangat dibutuhkan bagi keberlangsungan bisnis Anda ke depannya, karena dengan merepresentasikan brand Anda secara digital, Anda telah membuat bisnis Anda selalu relevan di mata publik.


baca juga: 3 langkah solusi dinamis menghadapi market yang cenderung statis


Meski terdengar ambigu, namun 'terjun ke dunia bisnis digital' tidak semata-mata melek internet, membuat website, lalu menunggu keajaiban datang. Tidak. Sama sekali tidak. Relevansi adalah kunci. Dengan kata lain, bisnis ataupun brand Anda tidak bisa tetap relevan tanpa siklus pengelolaan dan pembelajaran data dari presensi daring Anda; dalam hal ini adalah situs website profesional yang Anda miliki.

Namun jangan khawatir, karena justru di sinilah Grow and Bless hadir untuk membantu brand Anda agar senantiasa relevan dalam persaingan bisnis digital. Sudah siapkah Anda untuk tumbuh dan berkembang bersama kami dalam era digital ini?




Address

Citra Garden 2 Extension Blok BJ 3 No.8

Pegadungan, Kalideres, Jakarta Barat, DKI Jakarta

Phone

+62 811 826825

Email

hello@growandbless.com

  • whatsapp
  • LinkedIn
  • Facebook
  • Instagram

© 2020 Grow & Bless