Pentingnya Page Experience Sebagai Sinyal Ranking Google

Siapa yang tak mengetahui mesin pencari terbesar di dunia saat ini bernama Google, banyak dari masyarakat dunia menggunakan Google sebagai mesin pencari utama ketika ingin berselancar di internet. Banyak hal yang bisa ditemukan di internet hanya melalui mesin pencari Google ini, termasuk hal-hal yang memang sangat kita butuhkan.

Mulai dari mencari produk, mencari lagu, mencari video, mencari apapun itu semuanya ada dan terangkum dengan rapi pada mesin pencari Google. Sejarah Google sendiri hingga menjadi mesin pencari terbesar saat ini cukup panjang, yang mula hanya memiliki kantor di dalam garasi mobil saja, saat ini Google berubah drastis hingga memiliki kantor mewah di beberapa Negara.


apa itu page experience

Kesuksesannya tersebut ternyata tak luput dari kerja keras pantang menyerah pendiri Google, yaitu Larry Page dan juga Sergey Brin. Dua anak muda yang masih berstatus mahasiswa ini berhasil membuat Google pada tahun 1995 silam. Perjalanan yang cukup panjang dan banyak rintangan hingga bisa menjadi sebuah mesin pencari terbesar di dunia saat ini.

Kini, banyak yang memanfaatkan Google sebagai sesuatu yang bisa dimanfaatkan sebagai ladang bisnis bagi usaha yang sedang mereka lakukan. Google memang kini sangat berpotensi untuk memasarkan usaha, produk, dan juga jasa seseorang meluas. Karena memang ketika menggunakan Google sebagai tempat promosi, maka jangkauan yang didapat pun akan sangat luas dan global.

Banyak cara yang bisa dilakukan oleh pelaku usaha untuk mempromosikan usaha, produk, dan jasanya melalui Google. Bisa melalui iklan berbayar yang disediakan Google dan diberi nama Google Ads, ada juga yang mempromosikan usahanya tersebut dengan membuat sebuah website sebagai media promosinya.

Namun, untuk memasarkan produk melalui website, pelaku usaha perlu melakukan beberapa hal terlebih dahulu agar website yang dimilikinya. Mulai dari sisi tampilan agar User Interface dan User Experience didapat, lalu sisi SEO (search Engine Optimization) agar dapat bersaing, dan juga sisi keamanan website.

Apabila Anda ingin membuat website berkualitas dan juga aman, maka Anda bisa memilih jasa pembuatan website yang profesional dan juga berkualitas tentunya. Anda juga perlu sebuah jasa SEO untuk memperkuat posisi website usaha Anda dalam urusan ranking di halaman Google.

Semua hal tersebut perlu Anda lakukan karena memang Google sendiri lebih menyukai sebuah website yang aman, responsive, user friendly. SEO sendiri adalah penunjang yang wajib digunakan pada website usaha Anda karena memang SEO dapat membantu usaha Anda semakin dikenal oleh banyak orang.

SEO adalah sebuah teknik ataupun cara yang dilakukan secara sistematis untuk memposisikan website Anda berada di halaman utama Google atau SERP (Search Engine Result Page). Dengan menggunakan teknik SEO untuk optimasi website yang Anda miliki, maka trafik yang besar pun akan datang menuju website Anda.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, ada banyak sekali faktor pendukung yang dilihat oleh Google untuk memposisikan sebuah website untuk tampil di hasil pencarian. Dari banyaknya faktor di atas, ada salah satu faktor yang juga masuk dalam pertimbangan Google. Dan hal tersebut adalah Page Experience.

Google Page Experience adalah sebuah algoritma baru yang baru saja diumumkan oleh Google untuk membantu para pelaku usaha yang memiliki website untuk me-ranking di halaman pencarian. Kabarnya, algoritma baru ini akan hadir dan berlaku pada Mei 2021 ini.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang apa itu Page Experience, Anda bisa menyimak informasinya berikut ini.

Apa Itu Page Experience?


Page experience adalah salah satu cara Google untuk mengukur sekaligus mengetahui pengalaman pengguna saat mengunjungi sebuah website. Apabila semua aspek page experience ini dapat dimaksimalkan, maka pengguna website Anda pun akan memiliki pengalaman yang baik pada Website Anda. User akan berselancar dengan nyaman melalui berbagai perangkat yang user gunakan.

Apabila dimanfaatkan dengan benar, maka tentu saja dapat meningkatkan kesuksesan bisnis Anda untuk jangka panjang. Dikutip melalui laman resmi Google, page experience yang baik adalah ketika sebuah website mampu menghadirkan kemudahan bagi pengunjungnya untuk menemukan apa yang dicari dan juga menyelesaikan tujuannya tersebut.

Sementara untuk page experience yang buruk adalah website yang menyulitkan pengunjung untuk menemukan sebuah informasi yang dibutuhkannya. Bisa dikatakan seperti loading website yang lambat, dan juga lainnya.

Setidaknya ada beberapa faktor yang wajib ditingkatkan serta dipertimbangkan untuk mendapatkan page experience yang disukai Google dan dapat meningkatkan ranking web menjadi lebih tinggi pada SERP.

Faktor yang Mempengaruhi Page Experience


Dikutip melalui situs resmi SEMrush, ada beberapa faktor page experience yang sudah banyak digunakan sejak lama, dan ada juga beberapa faktor yang juga merupakan hal baru. Dan lima faktor page experience tersebut adalah :

· Core Web Vitals : ini adalah faktor baru yang memiliki tiga komponen dibawahnya, yaitu largest contentful paint (LCP). LCP ini berguna untuk mengukur loading performance. Kedua ada first inout delay (FID) yang dapat mengukur interaktivitas. Dan terakhir ada cumulative layout shift (CLP) yang dapat mengukur stabilitas visual.

  • Mobile-friendly

  • Safe browsing

  • HTTPS (SSL)

  • Mobile popup algorithm atau no intrusive interstitials.

Faktor-faktor di atas bisa saja sewaktu-waktu mengalami perubahan dan update untuk setiap tahunnya.


Baca Juga: Kenapa websitemu harus sudah mobile friendly

Kenapa Page Experience Penting?

Memahami algoritma baru yang akan diperbarui seperti Google Page Experience ini memang sangat penting. Terutama untuk Anda yang mengelola sebuah website, Anda perlu siap untuk menghadapi perubahan seperti ini. Karena apabila Anda tidak siap, maka situ yang Anda miliki tidak akan tampil lagi dalam hasil pencarian Google.


Jika hal tersebut terjadi, tentu saja Anda akan kesulitan untuk mendatangkan traffic website, terlebih untuk mengembangkan sebuah brand dan juga penjualan. Namun, page experience pengguna pada sebuah halaman website Anda bukanlah satu-satunya faktor penentu. Memiliki konten yang bagus dan menarik juga bisa menjadi aspek penting dari sebuah website yang disukai oleh pengguna.

Apabila sebuah situs memiliki page experience yang baik dan dipadukan dengan konten yang berkualitas serta relevan, maka akan menjadi lebih mudah lagi website Anda memiliki peringkat yang kuat di Google.

Walaupun brand usaha atau produk Anda masih belum terkenal, namun setidaknya Anda masih memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan banyak traffic dengan menggunakan algoritma ini. Jadi, tentu saja algoritma baru dari Google ini perlu dan wajib Anda ketahui dan lakukan. Terlebih bagi Anda yang memiliki sebuah bisnis yang memanfaatkan digital marketing.

Cara Meningkatkan Page Experience

Berikut ini beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan page experience :

1. Optimasi Kecepatan Loading Website

Semakin cepat loading website Anda, maka tentu saja pengalaman pengguna juga akan semakin baik. Idealnya, sebuah halaman website apabila dibuka melalui komputer atau smartphone loadingnya di bawah tiga detik.

2. Bandingkan Dengan Kompetitor

Membandingkan website Anda dengan kompetitor adalah hal yang cukup penting. Walaupun Anda lebih memiliki page experience yang lebih baik, namun penting juga untuk membandingkan website Anda dengan competitor.

3. Analisis Desain

Analisis desain ini bukan hanya memperhatikan bagus tidaknya tampilan website Anda, tetapi juga memahami isu dan masalah yang dirasakan pengguna akibat desain tersebut. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan memperhatikan heatmap.

Baca juga: 5 Faktor yang harus diperhatikan dalam website design


Heatmap sendiri menunjukkan aktivitas pengguna pada sebuah halaman website, dengan begitu kesulitan yang dirasakan oleh pengguna dapat diketahui berdasarkan klik dan scroll yang pengguna lakukan.

Dan itu dia sekilas tentang apa itu page experience serta penting page experience dalam sebuah website. Sekian dan semoga bermanfaat.


0 komentar